GULA MERAH KELAPA (coconut brown sugar)

Gula aren atau Gula merah adalah pemanis yang dibuat dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau. Gula arena biasanya juga diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan. (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Gula_aren)

Apabila anda mencari informasi terkait nilai glikemik indek gula kelapa, atau gula merah atau gula jawa cukup mudah karena tersedia di banyak media, blog atau hasil penelitian yang diposting di internet misalnya disini. Gula kelapa memiliki indeks glikemik 35.
Sedangkan kalau anda mencari indeks glikemik gula aren, mungkin akan mengalami sedikit kesulitan, kecuali anda langsung ke sini, yang merupakan hasil penelusuran dari beberapa media dan buku. Disebutkan bahwa nilai indeks glikemik indeks gula aren adalah 70 (kategori “merah” aliasn tinggi).
Apakah berbeda gula kelapa dengan gula aren?
Gula kelapa sangat berbeda dengan gula aren. Material bahan dasar pembuatannya saja sudah berbeda. Gula kelapa dibuat dari nira pohon kelapa, sedangkan gula aren dibuat dari nira pohon aren (pohon kolang-kaling).
Hal ini berpengaruh pada komposisi masing-masing gula dimaksud. Komposisi gula kelapa dapat dipelajari disini, sedangkan komposisi gula aren dapat dicari disini.
Indeks Glikemik
Perbedaan komposisi gula kelapa dan gula aren jelas akan membuat perbedaan indeks glikemik-nya karena indeks glikemik diukur berdasarkan komposisi produk dimaksud, diantaranya kandungan gula-nya. Menurut Sarwono W (2002), cara pengolahan (tingkat gelatinisasi pati dan ukuran partikel), perbandingan amilosa dan amilopektin dankandungan gizi pangan sangat berpengaruh pada indeks glikemik produk dimaksud.
Beberapa sumber menyebutkan bahwa antar pohon kelapa saja dapat menghasilkan gula yang indeks glikemiknya berbeda, apalagi kalau dibandingkan dengan gula aren yang jenis pohonnya saja berbeda. Kalau anda mencari informasi melalui google mengenai glikemik indek anda akan menemukan beberapa informasi yang menyatakan bahwa indeks glikemik gula aren adalah 35. Padahal informasi tersebut diambil dari indeks glikemik gula kelapa. Saya khawatir mereka salah mensitir informasi karena kesulitan mendapatkan informasi mengenai indeks glikemik gula aren, akhirnya menyamakan dengan indeks glikemik gula kelapa.
Apabila hal tersebut yang dilakukan, jelas sangat menyesatkan bagi para pelaku diet yang memburu gula dengan indeks glikemik rendah seperti gula kelapa, karena faktanya gula aren mempunyai indkes glikemik yang sangat tinggi, yaitu 70.
Kesimpulan
Dari pembahasan mengenai glikemik indek antara gula kelapa dan gula ren di atas, kami simpulkan bahwa gula kelapa lebih sehat dibandingkan gula aren karena gula kelapa memiliki indeks glikemik yang jauh lebih rendah dari gula aren. Indeks glikemik gula kelapa adalah 35, sedangkan indeks glikemik gula aren adalah 70.

Gula merah sudah dipercaya dan dibuktikan memiliki banyak manfaat kesehatan dibandingkan gula tebu atau putih. Selain memberikan rasa manis yang rendah kalori, gula jawa mengandung garam mineral, kaya nutrisi, dan bermanfaat untuk mengatasi anemia, batuk, typhus, lepra, dan sebagainya.
Gula merah juga bagus untuk pengobatan luka. Bila kulit terluka dan tidak ada obat antiseptik, gula merah dapat membantu sembuhkan luka kecil dalam keadaan darurat. Jenis gula ini bertindak sebagai obat anti inflamasi dan anti mikroba yang dapat mencegah infeksi.
Manfaat Gula Merah - Butiran-butiran gula yang ditaburkan ke atas luka sebelum luka diplester bisa membunuh bakteri yang ada di dalamnya. Gula bekerja dengan cara menarik air dari luka ke plester pembungkus luka. Dengan begitu, bakteri yang memerlukan air untuk bertahan hidup, akan mati.
Sedangkan untuk perawatan kulit khususnya pada wajah, gula merah bermanfaat untuk mencerahkan kulit supaya tampak lebih segar. Menurut pendiri Deli Tubuh dan perusahaan perawatan kulit, David Parker, keluarnya kandungan zat dari gula merah, yakni butirannya dapat mengangkat sel kulit mati agar dapat kembali bercahaya.
Untuk perawatan kulit wajah dengan gula merah ini caranya sebagai berikut:
  • Campurkan scrub dengan setengah cangkir gula merah yang telah digiling agar dapat mudah berbaur.
  • Tambahkan tiga sendok makan minyak zaitun untuk menambah kelembaban atau bisa juga ditambah pewangi.
  • Bahan-bahan tersebut selanjutnya diaduk hingga terbentuk seperti pasta. - Oleskan scrub tersebut dalam lingkaran dan biarkan selama satu sampai dua menit.
  • Bilas dengan air hangat sampai bersih.
  • Untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakan terapi ini dua kali dalam seminggu
    Gula Jawa/Palm Sugar :
  • Rasa: Manis & Lezat
  • Tidak mengandung Garam Mineral
  • Mengandung Garam Mineral
  • Kandungan Gula Jauh Lebih Kecil
  • MengandungThiamine,,Nicotinic Acid,Ascorbic Acid, Protein & Vitamin C Riboflavin
  • Untuk Terapi Asthma,Kurang darah/Anemia,Lepra/kusta, & untukmempercepat Pertumbuhan Anak.
  • Bagus untuk mengobati batuk demam
  • Bagus utuk makanan awal bagi orang yang terkena penyakit typhus.
  • Sangat Bagus bagi orang yang ingin menurunkan BP, mengurangi panas Pankreas, menguatkan Jantung, membantu pertumbuhan gigi kuat
  • Mempunyai Khasiat Seperti Madu
Kami menyediakan gula merah/gula jawa kualitas istimewa, karena daerah kami juga terkenal dengan potensi penghasil gula merah/gula jawa/gula aren yang sudah dikenal luas. gula merah yang kami sediakan adalah gula merah yang fresh atau baru dari para pengrajin. untuk informasi lebih lanjut mengenai deskripsi gula merah dan daerah kami bisa anda cari informasi sendiri.





TERIMAKASIH ATAS PERHATIAN DAN KERJASAMANYA