KELAPA

Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini. Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia. (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Kelapa)

Daerah kami adalah salah satu penghasil kelapa, pasokan kelapa cukup melimpah.

1. KELAPA DERES
Perkebunan kelapa deres di Kabupaten Banjarnegara menempati areal seluas 1.439,60  ha, yang tersebar di 6 (enam) Kecamatan dengan hasil produksi 15.971,67 ton / tahun.

2. KELAPA DALAM
Luas areal tanaman kelapa dalam seluas 7.976,60 ha, yang tersebar di 8 (delapan) Kecamatan dengan hasil produksi 9.222,39 ton / tahun.

3. SERABUT KELAPA
Kabupaten Banjarnegara merupakan salah satu sentra produksi kelapa di jawa tengah dengan luas area tanaman sebanyak 13.324.,07 Ha. Bahan baku sabut kelapa merupakan hasil sampah dari industri pengolahan kopra. Secara relatif industri serat sabut kelapa merupakan industri bersifat padat karya terutama untuk industri yang masih menggunakan teknologi yang sederhana. Produksi per tahun : 12.792.16 ton. (sumber: http://banjarnegarakab.go.id)

TERIMAKASIH ATAS PERHATIAN DAN KERJASAMANYA